Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster

Google Webmaster adalah sebuah tool atau tepatnya layanan yang diberikan oleh Google kepada para pemilik web atau blog untuk mengamati dan mengembangkan blog mereka dimata Google Search.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster

Penilaian apa yang diberikan google pada blog anda akan jelas tergambar pada google webmaster ini, mulai dari sitemap, halaman yang error pada saat crawl, hingga seberapa banyak halaman posting yang terindex.

Cara ini juga merupakan salah satu dari sekian banyak tips SEO. Yaitu mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tool. Optimisasi ini penting dilakukan yang tujuannya agar setiap halaman yang ada di blog kita lebih cepat terindexs oleh mesin pencari Google.

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster tool

Pertama silahkan login dengan aku anda ke blogger
Masuk ke blog yang akan di daftarkan
Kemudian untuk memulai langkah awal silahkan klik disini Google Webmaster Tool
Pada halaman ini jika ini adalah pertamakalinya anda masuk ke Google Webmaster Tool maka akan tampak seperti pada gambar penjelas di atas.
Pada kotak ADD A SITE silahkan masukan alamat URL blog yang akan di daftarkan, lalu kik ADD A SITE.
Berikutnya adalah melakukan setting SITEMAP, caranya pada halaman Status Saat ini di Dashboard webmastertool letaknya di sebelah kanan atas anda klik Sitemaps, seperti yang terlihat pada gambar di bawah.



Lalu dalam kolom setelah alamat URL blog anda. seperti yang terlihat pada gambar di bawah berikut anda isikan:

feeds/posts/default?max-results=400



Selanjutnya adalah melakukan verifikasi, tujuannya menyatakan kepada Google bahwa alamat Url blog yang di daftarkan adalah benar milik anda. Cara untuk melakukan verifikasi tersebut sebagai berikut. Disebelah kanan atas anda klik "Manage site".




Kemudian klik selanjutnya anda klik lagi "Manage site owner".



Pada halaman ini silahkan anda pilih "Verify using a different method"



Berikutnya pada halaman verifikasi silahkan anda pilih HTML tag, lalu seperti yang terlihat pada gambar dibawah, anda copy kode HTML tag yang ada di dalam kolom verifikasi. Buka dashboard blog anda dan letakan di bawah kode <head> pada template blog. Berikutnya kembali ke halaman Webmaster Tool kemudian klik "VERIFY".




Apabila kode yang anda letakan pada template tadi sudah benar, pada saat anda klik "VERIFY" blog anda sudah berhasil di verifikasi oleh Gooale Webmaster seperti terlihat pada gambar berikut di bawah ini.




Sampai disini cara mendaftarkan Blog ke Google Webmaster tool dan proses verifikasi blog anda di Google Webmaster Tool selesai.

Semoga penjelasan tentang bagaimana cara mendaftarkan Blog ke Google Webmaster tool ini bisa dipahami dan bisa membantu para rekan blogger pemula.

Seperti yang saya jelaskan di atas tadi, bahawa dengan mendaftarkan blog baru anda ke Google itu penting, agar semua halaman pada blog bisa lebih cepat terindex oleh search engine Google.

Show comments
Hide comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

 

About

Blog berisi catatan tentang apa saja khususnya blogging. Sekadar berbagi informasi, pengalaman, atau pengetahuan.