Kumpulan Situs untuk Penulis Freelance Online

Salah satu cara mendapatkan uang dari internet adalah dengan kerja freelance. Syaratnya Anda suka dan piawai menulis online.

Kumpulan Situs untuk Penulis Freelance Online

8 Situs Freelance Indonesia Terbaik dan Terpercaya untuk Penulis Online

Bagi Anda yang ingin mencari pekerjaan freelance di Indonesia, berikut ini adalah daftar website freelance yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari pekerjaan freelance.

Sribulancer

Sribulancer adalah salah satu website freelance yang popular di Indonesia. Di Sribulancer, Anda bisa menemukan pekerjaan seperti yang berhubungan dengan jasa pembuatan website, graphic design, penulisan artikel, penerjemah, sampai dengan social media marketing.

Anda tidak perlu khawatir karena Sribulancer bisa dibilang lebih lokal dari website freelance lainnya. Mereka menerima pembayaran melalui transfer bank. Tentunya ini menjadi nilai plus karena kebanyakan orang Indonesia tidak memiliki kartu kredit.





Website ini tersedia dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa menerima pembayaran dalam mata uang USD atau IDR.

Sribulancer memiliki reputasi yang baik dan terpercaya sehingga Anda tidak perlu ragu untuk menggunakannya. Jika Anda mau bergabung, Anda hanya perlu mendaftarkan diri saja.

Freelancer Indonesia

Freelancer Indonesia adalah salah satu website freelance terbesar di Indonesia. Website ini memang merupakan versi Indonesia dari website Freelance yang merupakan sebuah startup dari Australia.

Mereka meng-klaim bahwa mereka sudah terhubung dengan lebih dari 29,403,813 pencari jasa dan freelancer di lebih dari 247 negara, wilayah, dan teritori.



Di Freelancer Indonesia, Anda bisa menemukan berbagai proyek mulai dari IT, design, marketing, jasa penerjemahan, sampai jurnalistik.

Detail pekerjaannya pun dijelaskan dengan jelas di setiap entri proyek. Anda akan melihat nama, deskripsi proyek, keahlian yang dibutuhkan, deadline, berapa orang yang melamarnya, dan berapa upah untuk pekerjaan tersebut. Salah satu fitur unik yang mereka tawarkan adalah Anda bisa menawar atau melelang bayaran untuk mengerjakan proyek tersebut.

Selain proyek, Freelancer juga menawarkan kontes dimana Anda perlu bersaing dengan freelancer lain untuk mengerjakan proyek yang nantinya akan dipilih oleh klien. Sebelum Anda bergabung dengan Freelancer Indonesia, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki kartu kredit atau akun PayPal karena mereka melakukan dan menerima pembayaran melalui kedua platform ini.

Projects.co.id

Projects juga merupakan salah satu website freelance terkenal di Indonesia. Di Projects, Anda bisa menemukan freelance untuk IT, social media, SEO, dan digital marketing lainnya.

Tidak hanya pekerjaan, Anda juga bisa melakukan transaksi jual-beli proudk digital loh. Produk-produk yang tersedia adalah eBook, design kaos, template website, dan masih banyak lagi.

Salah satu fitur unik Projects adalah program Affiliate Referral. Kalau Anda mempromosikan project dengan URL yang disediakan, Projects bisa tahu siapa saja orang yang mendaftar ke Projects melalui URL tersebut. Kalau orang yang mendaftar sudah melakukan transaksi, Anda akan mendapatkan komisi berkisar antara 10 persen hingga 20 persen dari harga proyeknya.



Bagi Anda para graphic designer yang sedang mencari lowongan kerja freelance, website yang satu ini cocok untuk Anda.

Sribu, anak perusahaan Sribulancer ini, adalah situs freelance yang fokus untuk graphic designer. Jenis design yang mereka tawarkan juga cukup beragam; mulai dari desain logo, website, aplikasi mobile, sampai dengan interior. Sribu memiliki sistem kontes dimana para graphic designer akan memasukkan karya mereka kepada pemilik proyek. Nantinya pemilik proyek akan memilih karya mana yang lebih dia suka.

99Design



Masih untuk para graphic designer, 99Design adalah salah satu website freelance yang popular untuk graphic design. 99Design juga menggunakan sistem kontes, dimana Anda akan memasukkan hasil karya Anda ke proyek tertentu dan pemilik proyek baru akan memilih mana yang paling mereka sukai.

Gobann

Salah satu website freelance yang juga cukup terkenal di Indonesia adalah Gobann. Situs freelance yang satu ini memiliki sistem yang sedikit berbeda. Semua jasa yang ditawarkan di website ini memiliki harga yang sama rata yaitu Rp. 50,000.

Jadi, Gobann memiliki dua menu utama, yaitu Kangtao dan Demand. Kangtao adalah freelancer yang ingin menawarkan jasa mereka, sementara Demand adalah permintaan jasa dari klien.

Jenis pekerjaan yang ditawarkan di Gobann juga cukup banyak mulai dari programming sampai travel. Karena harganya yang Rp 50,000, banyak orang yang menawarkan jasa-jasa unik mereka misalnya membuat karikatur dari foto Anda, menawarkan membuatkan slide berisikan 10 foto dengan background salju untuk Anda, sampai membersihkan kamar dalam 1 jam. Metode pembayaran yang disediakan di website ini adalah transfer bank, PayPal, dan T-Cash.

Upwork

Upwork adalah situs freelance berbasis cloud yang dikenal memiliki jumlah klien dan freelancer terbesar. Website ini bisa digunakan oleh bisnis dari berbagai ukuran dan freelancer dengan tingkat keterampilan yang berbeda.

Upwork memungkinkan Anda untuk menyaring daftar pekerjaan yang tersedia sesuai dengan keterampilan Anda. Selain itu, UpWork juga memiliki fitur yang membantu mendeteksi apakah klien yang mendaftarkan pekerjaan itu palsu atau tidak. UpWork sering disebut sebagai website freelance terbaik karena mereka menyediakan layanan yang berkualitas tinggi.

User di Upwork dapat dengan mudah mencari pekerjaan karena user interface yang user-friendly dan mudah untuk dinavigasi. Jika Anda mendapatkan pekerjaan di Upwork, mereka akan mengambil komisi dari bayaran yang Anda dapat. Anda juga bisa dengan mudah berkomunikasi dengan klien dengan fitur komunikasi yang ditawarkan Upwork. Tetapi kalau kamu menggunakan Upwork sebagai pengguna gratis, kamu hanya bisa melakukan bidding dalam jumlah terbatas dalam satu bulan. Anda bisa menambahkan ini melalui paket membership.

Crowdsource


Crowdsource

Crowdsource telah disebut sebagai salah satu website freelance terbesar yang tersedia. Website lebih cocok bagi Anda yang mencari pekerjaan dalam bidang pembuatan konten, editing, perusahaan media, dan penerbit.

Yang unik adalah CrowdSource memecah tugas-tugas besar menjadi tugas-tugas yang lebih kecil yang lebih mudah dikelola. Kalau Anda dianggap memenuhi syarat, Anda dapat mengerjakan pekerjaannya melalui platform terintegrasi. Jika pekerjaan freelancer dianggap baik, mereka akan menerima kompensasi yang lebih besar dan mendapatkan akses ke pekerjaan yang lebih banyak.


Itulah 8 situs freelance yang bisa Anda gunakan untuk menambah penghasilan. Kedelapan website ini sudah terkenal dan terpercaya sebagai situs freelance yang memberikan Anda berbagai pekerjaan.*

Show comments
Hide comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

 

About

Blog berisi catatan tentang apa saja khususnya blogging. Sekadar berbagi informasi, pengalaman, atau pengetahuan.